isi pulsa
Informasi Lifestyle Tips dan Trik

Tips dan Trik Agar Token Listrik Tidak Boros Pulsa

Savids – Ada banyak kebiasaan buruk yang ternyata bisa membuat listrik token di rumah semakin boros. Kebiasaan ini terkadang tidak disadari dan membuat pulsa listrik cepat habis. Akhirnya Anda harus terus menerus isi pulsa token listrik. Maka dari itu Anda perlu mengetahui apa saja cara tepat untuk menghemat listrik dengan pulsa token.

Menghemat Pulsa Token Listrik

Anda bisa menyampaikan beberapa tips untuk menghemat pulsa token listrik ini ke seluruh anggota keluarga. Walaupun hal yang dilakukan tergolong hal simpel, tetapi Anda telah melakukan penghematan energi listrik. Nah, apa saja hal yang bisa dilakukan untuk menghemat pulsa token listrik? Ini dia beberapa tipsnya :

isi pulsa

1. Membiasakan melepas colokan kabel yang tidak terpakai

Ternyata colokan kabel yang terhubung pada stop kontak walaupun alat elektronik tidak digunakan bisa ikut menyumbang pemborosan listrik. Misalnya untuk kipas angin, televisi, charger smartphone. Untuk itu jika sedang tidak dipakai lebih baik lepas saja colokan kabelnya.

Colokan yang terhubung dengan aliran listrik dan tidak dipakai tetap saja akan menghabiskan listrik walaupun tidak banyak. Jadi, selama masih terhubung dengan aliran listrik, konsumsi listriknya tetap akan berjalan.

2. Mengurangi kebiasaan cabut colok kulkas

Jika Anda memakai daya listrik yang rendah namun penggunaan alat elektronik sangat banyak ini dapat memicu listrik mengalami penurunan atau anjlok. Hal ini akan membuat konsumsi listrik jadi semakin tinggi. Ketika Anda menyalakan daya listrik kembali, maka konsumsi listrik bisa melonjak dengan cepat.

Daya listrik yang rendah, akan membuat Anda mencabut lalu mencolok kulkas, ketika Anda sedang memakai peralatan elektronik lainnya. Kulkas memang dikenal menghabiskan listrik yang cukup tinggi. Jika memang memiliki banyak peralatan elektronik, lebih baik Anda meningkatkan daya listrik atau menyesuaikan pemakaian alat elektronik dengan daya yang ada. Sehingga tidak perlu boros dalam memakai listrik dan mengharuskan Anda isi pulsa terus menerus.

3. Biasakan menyetrika pakaian sekaligus

Ternyata memakai setrika berulang kali bisa menghabiskan pulsa listrik. Misalnya Anda memiliki kebiasaan menyetrika hanya beberapa pakaian saja dan dilakukan setiap hari. Jika Anda ingin lebih hemat, lebih baik lakukan aktivitas menyetrika setidaknya satu minggu dua kali atau bisa satu minggu satu kali. Ini akan membuat pengeluaran listrik semakin sedikit.

4. Mengurangi penggunaan pengering mesin cuci

Tips terakhir yaitu mengontrol penggunaan pengering. Menggunakan pengering pada mesin cuci juga bisa menyebabkan pemborosan listrik. Anda bisa menggunakan pengering seperlunya saja. Jika tiba musim panas, Anda tidak perlu menggunakan pengering. Setelah selesai mencuci, bisa langsung dikeringkan dengan panas alami dari matahari.

Demikian beberapa tips mudah untuk menghemat pulsa token listrik. Kebiasaan tersebut bisa Anda lakukan agar tidak semakin boros. Selain itu ada baiknya Anda isi pulsa token listrik secara berkala dan dengan perhitungan yang tepat, ini untuk mengevaluasi seberapa banyak daya listrik yang sebenarnya Anda butuhkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *