kartu identitas anak
Berita Informasi Lifestyle

Syarat Serta Langkah Pembuatan Kartu Identitas Anak

Savids – Saat ini Kartu Identitas Anak menjadi satu hal yang diwajibkan oleh pemerintah untuk dimiliki oleh anak yang baru saja lahir hingga mereka yang berusia 17 tahun kurang satu hari. Beragam manfaat dapat dinikmati mulai dari segi pendidikan, kesehatan hingga segi kemudahan saat ingin berkunjung ke wisata edukasi. Lalu apa saja syarat serta langkah dalam pembuatan kartu tersebut?

kartu identitas anak

Jenis KIA

Sebelum Anda mengetahui apa saja syarat serta langkah yang harus Anda tempuh, sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu jenis KIA yang disiapkan oleh pemerintah. Kartu ini dibagi menjadi dua: KIA untuk anak umur 0-5 tahun dan juga untuk anak  dengan usia 5 hingga 17 tahun.

Syarat untuk Anak Umur 0-5 Tahun

Seperti yang tertulis pada laman resmi Kemendagri, KIA jenis pertama atau untuk bayi yang baru saja lahir akan diberikan bersamaan dengan akta kelahiran. Namun bagi anak di bawah lima tahun atau balita yang belum memiliki KIA tapi sudah memiliki akta kelahiran, orang tua harus membawa fotocopy akta kelahiran serta menunjukkan kutipan akta kelahiran asli.

Persyaratan lain yang dibutuhkan untuk pembuatan KIA bagi balita adalah KK asli orang tua atau wali serta KTP asli orang tua atau wali. Hal ini bertujuan untuk memudahkan pendataan serta perlindungan terhadap anak.

Syarat untuk Anak Umur 5-17 Tahun

Untuk persyaratan yang harus dibawa selain fotocopy kutipan akta kelahiran serta menunjukkan akta kelahiran asli, KK asli orang tua atau wali serta KTP asli orang tua atau wali, orang tua juga harus membawa pas foto sang anak berukuran 2×3 sebanyak dua lembar.

Jika Kartu Identitas Anak jenis pertama hanya diperuntukkan untuk keturunan WNI saja, maka kartu jenis kedua ini bisa juga dimiliki oleh anak WNA. Bedanya, masa berlaku KIA untuk mereka hanya mengikuti masa izin tinggal orang tua. Persyaratan pembuatannya pun ditambah dengan fotocopy paspor serta surat izin tinggal yang masih aktif.

Langkah Pembuatan

Berdasarkan peraturan Permendagri Nomor 2 Tahun 2016 tentang Tata Cara Pengurusan Kartu Identitas Anak Pasal 13, hal pertama yang harus orang tua lakukan adalah melengkapi berkas-berkas yang sudah ditentukan seperti penuturan di atas.

Data tersebut kemudian diserahkan kepada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil atau Dukcapil. Setelah itu orang tua mengisi formulir yang telah disiapkan. Formulir berupa nama anak   NIK anak, No akta kelahiran, tempat/tanggal lahir, nama ayah dan ibu serta alamat tempat tinggal sang anak.

Setelah berkas diberikan dan mengisi formulir, maka selanjutnya Anda mengambil nomor antrean. Tunggu beberapa waktu agar petugas menyelesaikan tugasnya sebelum kemudian kartu ditandatangani oleh Kepada Dinas. Kartu identitas untuk sang buah hati pun siap digunakan.  

Itulah syarat serta langkah-langkah yang harus Anda tempuh untuk membuat Kartu Identitas Anak. Segera siapkan syarat-syarat yang diperlukan agar anak Anda segera mendapatkan KIA dan menikmati berbagai kemudahan serta manfaatnya. Dalam proses pembuatannya pun tidak dipungut biaya apa pun alias gratis.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *