Hati-hati Bahkan Anak pun Bisa Diabetes

Hati-hati Bahkan Anak pun Bisa Diabetes

Savids – Diabetes Melitus (DM) sering dianggap sebagai penyakit orang dewasa. faktanya, penyakit tersebut bisa juga terjadi pada anak-anak dan remaja, khususnya DM tipe 1. Diabetes Melitus atau penyakit kencing manis adalah gangguan metabolisme yang timbul akibat peningkatan kadar gula darah di atas nilai normal yang berlangsung secara kronis. Hal ini disebabkan adanya gangguan pada hormon insulin yang dihasilkan kelenjar pankreas. Insulin berfungsi mengatur penggunaan glukosa oleh otot, lemak, atau sel-sel lain di tubuh. Jika produksi insulin berkurang akan menyebabkan kadar gula dalam darah menjadi tinggi serta gangguan metabolisme karbohidrat, lemak, dan protein.

Penyakit ini bisa dibedakan menjadi 2 tipe, yakni DM tipe 1 yang disebabkan oleh pankreas yang tidak memproduksi cukup insulin, dan DM tipe 2 disebabkan oleh gangguan kerja insulin yang juga dapat disertai kerusakan pada sel pankreas. Data Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) menunjukkan angka kejadian DM pada anak usia 0-18 tahun sebesar 700% dalam kurun waktu 10 tahun.

DM tipe 1 bisa disebabkan oleh sejumlah faktor di antaranya kecenderungan genetic, faktor lingkungan, sistem imun, dan sel pankreas yang perannya terhadap DMI 1 belum diketahui. Gejala yang perlu diwaspadai jika anak menderita DM adalah anak menjadi banyak makan, banyak minum , sering kencing dan mengompol, penurunan berat badan yang drastis dalam 2-6 minggu sebelum terdiagnosis, kelelahan dan mudah marah, dan gejala lainnya seperti sesak napas dan dehidrasi. Anda harus mulai mencaritahu mengenai manfaat air mineral ph 8 untuk membantu mencegah dehidrasi pada anak

Arah kebijakan Kementerian Kesehatan untuk mengatasi penyakit itu lebih diarahkan pada penemuan kasus DM di masyarakat sedini mungkin melalui upaya deteksi dini faktor risiko penyakit tidak menular (PTM) di Pos Pembinaan Terpadu (Posbindu) dan meningkatkan rujukan bagi kasus terduga DM. Apabila masyarakat kita patuh mendatangi Posbindu sebulan sekali, kasus PTM ini bisa lebih ditekan. Screening untuk diabetes anak dilakukan di rumah sakit, tapi di fasilitas tingkat pertama juga bisa dipantau oleh dokter umum dengan gejala sering haus, banyak makan, banyak kecing, mudah lelah. Jika Anda sudah menemukan manfaat minum air mineral ph 8, Anda bisa membantu anak untuk lebih mengontrol rasa hausnya.

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *