Bunga Deposito VS Investasi Emas, Lebih Untung Mana?

Bunga Deposito VS Investasi Emas, Lebih Untung Mana?

Savids – Anda ingin berinvestasi tapi bingung memulai dari mana? Rata-rata, orang membeli emas sebagai investasi karena harganya terus naik dan mudah dijual. Berinvestasi di deposito juga menguntungkan, karena Anda bisa mendapat bunga deposito 7,5% dalam setahun. Jika Anda punya uang 10 juta, lebih baik beli emas atau menyimpannya di deposito? Ini perbandingannya.

Investasi Emas

Menabung dengan cara membeli emas adalah investasi paling klasik dan dilakukan sejak zaman dahulu. Banyak orang membeli emas karena mudah dijual kembali, asal ada surat lengkapnya. Perhiasan emas juga bisa digadaikan jika Anda butuh uang dengan segera. Anda bisa menebusnya dalam waktu 3 bulan atau memperpanjang masa gadainya.

Membeli emas tidak hanya dilakukan dengan tunai, tapi bisa dengan mencicil di Pegadaian. Umpamanya, Anda menabung ‘recehan’ untuk mendapatkan 1 gram emas atau berat emas yang dikehendaki. Cicilan emas ini sangat ringan, jangan lupa untuk menambah biaya penyimpanan saat Anda akan mengambil emas ketika sudah mencapai berat 1 gram atau 5 gram.

Harga emas saat ini berada di kisaran 600.000 rupiah per gram. Logam mulia menjadi primadona investasi karena harganya stabil dan cenderung naik terus, bisa 10%  hingga 20% per tahun. Harga emas bisa naik tapi juga bisa turun, tergantung dari nilai tukar rupiah terhadap dollar. Jika nilai rupiah melemah, maka harga emas akan terus naik, begitu juga sebaliknya.

bunga deposito

Jika Anda ingin berinvestasi dengan emas, belilah saat harganya turun. Bagaimana cara mengetahui harga emas akan turun atau naik? Bacalah berita ekonomi internasional dan amati nilai tukar rupiah terhadap dollar. Jika rupiah melemah, jangan membeli emas dulu, karena harganya sedang tinggi.  Belilah di pertengahan tahun, saat harganya menurun.

Emas bisa dijual saat harganya sedang tinggi. Untuk investasi jangka pendek, emas kurang cocok dijadikan simpanan, karena bisa jadi saat Anda menguangkan emas, harganya sedang turun. Emas lebih cocok dijadikan investasi jangka panjang, minimal selama 5 tahun. Kumpulkan emas Anda dan jangan sedikit-sedikit dijual untuk kebutuhan tersier.

Lebih baik Anda membeli emas batangan untuk investasi daripada emas perhiasan. Belilah emas batangan di Antam karena lebih teruji keasliannya. Emas perhiasan memang bagus dan bisa dipakai untuk menambah kecantikan, tapi gramasinya bisa berkurang karena bergesekan dengan kulit. Gelang emas juga rawan dicuri.

Deposito

Investasi emas bisa menghasilkan keuntungan 10%, sementara bunga deposito hanya maksimal 7,5% per tahun. Apakah Anda harus membeli emas untuk investasi jangka panjang dan melupakan deposito? Sebenarnya kedua jenis investasi ini bisa dilakukan, tapi ada nilai plus dan minusnya.

Deposito adalah investasi yang paling aman dan minim resiko. Bunga deposito juga bisa dicairkan sekali dalam sebulan atau setahun, tergantung tenornya. Saat mencairkan bunga, Anda tinggal datang ke kantor Bank ketika jatuh temponya sudah habis. Uang yang dicairkan akan dimasukkan dalam rekening Bank DBS Anda, nilainya juga sama per periode pengambilan.

Ketika Anda menjual perhiasan emas, bisa jadi keuntungannya 10% karena Anda sudah menyimpannya dalam setahun. Waspadalah, harga emas memang terus naik tapi kadang bisa menurun drastis, karena nilai tukar rupiah menguat. Jika Anda terpaksa menjual simpanan emas karena istri akan operasi cesar, uang yang didapat lebih sedikit karena harga emas sedang turun.

Deposito bunganya memang hanya maksimal 7,5% per tahun, tapi nilai bunga ini bisa naik ketika Anda menambah uang pokok dalam akun deposito. Bunga dari deposito yang tidak dicairkan juga bisa dimasukkan lagi dalam deposito, sehingga total bunga yang Anda dapat akan lebih tinggi. Keuntungan Anda berlipat ganda, padahal uang itu tidak diapa-apakan dalam Bank.

Investasi pada deposito lebih aman karena Anda menyimpan uang di dalam Bank. Bayangkan jika Anda menyimpan emas batangan di rumah dan ada perampok yang meneror? Emas Anda bisa dengan mudah dicuri, dan investasi itu hilang begitu saja. Gelang dan kalung emas yang Anda kenakan juga bisa mengundang minat dari para pencopet.

Selain aman, deposito juga bisa jadi jaminan ketika Anda akan mengajukan pinjaman ke Bank. anda tak usah menyodorkan surat tanah atau BPKB untuk mendapat pinjaman uang. Gunakan saja akun deposito Anda sebagai jaminan. Bank akan menyetujui kredit itu, karena Anda adalah nasabah terpercaya dan memiliki jaminan yang berlaku.

Jadi, lebih baik Anda menyimpan uang di deposito dan mendapat bunga deposito hingga 7,5% per tahun, daripada menyimpan uang dalam bentuk emas. Harga emas memang terus naik, tapi bisa tiba-tiba menurun drastis. Emas perhiasan juga bisa berkurang beratnya ketika dipakai setiap hari, juga mengundang kejahatan karena rawat pencopetan.

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *