5 Jenis Asuransi Mobil yang Wajib Anda Ketahui!

5 Jenis Asuransi Mobil yang Wajib Anda Ketahui!

Savids – Memiliki asuransi kendaraan merupakan hal yang wajib, baik itu asuransi motor maupun asuransi mobil. Karena dengan memiliki asuransi Anda telah memproteksi kendaraan bilamana terjadi hal yang tidak terduga. Misalnya ketika terjadi pencurian dan kerusakan pada mobil, maka Anda tidak akan mengalami kerugian yang berarti.

Jenis Asuransi Mobil

Dewasa ini kebutuhan hidup manusia semakin beragam, tak terkecuali kebutuhan asuransi kendaraan. Bahkan memiliki asuransi menjadi salah satu kebutuhan primer bagi orang-orang dengan taraf hidup di atas rata-rata. Karena mereka memiliki aset yang mesti dilindungi untuk cadangan investasi masa depan. Aset yang dimaksud bisa berupa properti dan kendaraan.

Asuransi sendiri merupakan perjanjian antara dua belah pihak yang mana pihak penanggung jawab, dalam hal ini perusahaan, memberikan perlindungan finansial kepada pihak tertanggung dengan menerima premi asuransi. Perlindungan finansial tersebut berupa asuransi jiwa, kesehatan, properti, kendaraan, dan lain sebagainya dari kejadian-kejadian yang tidak pasti atau tidak terduga.

Dalam hal ini, akan dibahas mengenai asuransi kendaraan, khususnya mobil, yang memiliki beberapa jenis. Berikut akan diuraikan di bawah ini terkait jenis-jenis asuransi mobil yang wajib Anda ketahui.

asuransi kendaraan

1. Tanggungan Kecelakaan (Collision Coverage)

Anda bisa mendapatkan jenis asuransi kendaraan ini apabila mobil yang dikendarai mengalami kerusakan yang disebabkan diri sendiri. Misalnya Anda tidak sengaja menabrak pohon atau gardu jalan sehingga menyebabkan mobil mengalami kerusakan. Apabila mobil tersebut hancur dan harus mendapatkan perbaikan dengan biaya yang melebihi nilai mobil sendiri, maka jenis asuransi ini bisa menanggung nilai mobil Anda.

Akan tetapi, asuransi ini tidak bermanfaat bagi mobil lama atau mobil tua. Karena perlindungan finansial yang diberikan perusahaan bergantung dengan nilai atau harga dari mobil tersebut. Uang yang akan diganti perusahaan tidak akan sebanding ketika Anda membeli mobil dalam kondisi baru. Sedangkan, apabila mobil Anda termasuk mobil mahal atau mobil baru maka asuransi ini cocok untuk  dimiliki.

2. Tanggungan Komprehensif (Comprehensive Coverage)

Membeli asuransi tambahan seperti tanggungan komprehensif memang sangat bermanfaat. Karena Anda bisa mendapatkan perlindungan finansial diluar kecelakaan yang terdaftar pada perusahaan asuransi. Misalnya terjadi kecelakaan yang diakibatkan oleh hewan atau pohon pada mobil Anda, maka perusahaan akan menanggung biaya perbaikannya.

Akan tetapi, jenis asuransi ini tergolong cukup mahal dan sangat menguras kantong. Namun tidak jadi masalah kalau Anda kuat membayarnya. Jadi, kalau Anda mau menggunakan asuransi ini maka siapkan dana yang lebih banyak ya.

3. Liability Insurance

Jenis asuransi kendaraan ini sama dengan collision coverage, yang mana perusahaan akan menanggung biaya perbaikan apabila kecelakaan disebabkan oleh diri sendiri. Selain itu, perusahaan akan membayar biaya tagihan medis atas cedera yang Anda alami. Akan tetapi, sebaiknya Anda membayar biaya lebih dari jumlah minimum yang tawarkan perusahaan. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya biaya tambahan yang dikeluarkan diluar tanggungan yang diberikan perusahaan.

4. Motorist Protection

Beberapa negara di Eropa dan Amerika Serikat sudah menerapkan perlindungan terhadap pengemudi kendaraan. Maka setiap driver wajib memakai asuransi. Adapun keuntungannya yaitu untuk membantu para pengemudi yang mengalami kecelakaan. Dalam hal ini, perusahaan akan membiayai kerusakan yang diakibatkan baik secara fisik atau properti.

5. Personal Injury Protection (PIP)

Jenis asuransi yang terakhir ini sebagaimana namanya yaitu sebagai perlindungan kecelakaan terhadap diri sendiri. PIP berguna untuk memberikan biaya tambahan apabila terjadi kecelakaan kepada Anda sebagai pengemudi dan kepada penumpang. Jenis asuransi kendaraan ini hampir mirip dengan asuransi jiwa yang sudah menjamur di Indonesia. Dikatakan demikian, karena pengguna asuransi ini kebanyakan mereka yang tinggal di negara-negara maju seperti Jepang, Korea Selatan, Amerika, dan berbagai negara di Eropa.

Demikianlah lima jenis asuransi mobil yang wajib para pengguna kendaraan ketahui. Karena pada dasarnya, memiliki asuransi kendaraan merupakan bagian dari investasi aset yang Anda miliki. Maka dari itu, beli asuransi mobil dari sekarang untuk perlindungan finansial Anda di masa depan.

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *