5 Menu Lebaran yang Cocok untuk Makanan Bayi 1 Tahun

Savids – Pada momen lebaran selalu identik dengan makanan besar, santan, daging dan kue kering. Bagaimana dengan menu lebaran untuk makanan bayi 1 tahun? Seiring dengan pertumbuhannya, Anda tidak perlu khawatir. Memasuki usia 1 tahun pertama, Anda dapat memberikan beragam jenis makanan transisi yang mudah dicerna oleh si kecil.

makanan bayi 1 tahun

  1. Scramble Egg

Telur merupakan makanan yang akan penuh protein. Sangat baik dan mudah untuk dikonsumsi. Anda dapat membuatnya menjadi Scramble Egg atau Telur Orak Arik. Sehingga menjadi lembut dan mudah untuk si kecil melahapnya. Ketika membuat Scramble Egg, Anda dapat memperkaya rasa serta kandungannya seperti menambah Bayam, Brokoli, maupun Keju.

Menjadikan Scramble Egg menu lebaran yang cocok bagi bayi usia 1 tahun. Selain mudah untuk disajikan, mudah juga untuk dibuat. Tentu Anda dapat membuat Scramble Egg dengan komposisi tambahan yang berbeda sehingga si kecil tidak mudah bosan.

  1. Tofu

Tofu sangat baik untuk diberikan pada si kecil karena kaya akan kandungan gizinya seperti Kalsium, Protein, Zat Besi dan rendah Kalori. Teksturnya yang lembut dan halus membuat Tofu bisa dijadikan pilihan untuk mengenalkan makanan padat pada si kecil. Tofu dapat disajikan langsung sebagai makanan si kecil maupun dengan memotongnya menjadi ukuran kecil.

Namun, Anda juga bisa membuat rasa dan tampilannya lebih menarik dengan mencampurkan Tofu bersama aneka buah. Sehingga tidak hanya kaya akan Kalsium, Protein dan Zat Besi, si kecil pun dapat memperoleh manfaat Vitamin dari buah-buahan. Membuat si kecil lebih sehat dan tak mudah terkena penyakit.

  1. Oatmeal

Bahan Oatmeal bukanlah lagi bahan yang sulit untuk dijumpai. Oatmeal sudah tersedia banyak di minimarket atau supermarket. Anda dapat membelinya untuk menjadi menu lebaran si kecil. Dalam proses pembuatannya pun terbilang sangat mudah dan sederhana. Anda cukup menambahkan air hangat ke dalam mangkok yang telah terisi Oatmeal.

Oatmeal telah kaya akan Kalsium dan Zat Besi. Namun untuk menambah nutrisi serta rasa, Anda dapat menambahkan buah-buahan yang manis agar si kecil lebih lahap makannya. Seperti pisang atau strawberry.

  1. Ikan

Ikan telah mendapatkan rekomendasi dari Menteri Kelautan karena gizi ikan yang sangat bagus. Sehingga menu ikan pun menjadi menu lebaran yang boleh untuk Anda coba. Untuk menyajikannya Anda dapat mengambil dagingnya saja. Kemudian tumbuk halus agar si kecil lebih mudah untuk mencerna.

Namun banyak kasus alergi karena disebabkan oleh ikan. Ada baiknya Anda memberikan asupan ikan tawar terlebih dahulu. Seperti Ikan Lele dan Ikan Bawal. Agar tidak berbau amis Anda dapat menyajikannya bersama nasi yang telah dilembutkan. Sehingga menu ikan lebih terasa mengenyangkan.

  1. Selai Kacang

Kacang-kacangan sangat menjadi anjuran dari Dokter karena gizi dan manfaatnya yang begitu besar. Menghindarkan si kecil dari terkena penyakit anemia karena kekurangan zat besi. Sehingga kacang menjadi menu yang sangat cocok disajikan saat lebaran karena mudah untuk diperoleh dan mudah untuk disajikan.

Anda dapat mengoleskannya pada buah maupun makan lembut lainnya. Hindarkan pemberian secara langsung karena dikhawatirkan si kecil akan tersedak. Untuk lebih mudahnya Anda dapat memotong-motong buahan tersebut menjadi kecil kemudian mengoleskan selai kacang tersebut. Sehingga si kecil lebih mudah untuk memakannya.

Demikianlah 5 menu makanan bayi 1 tahun yang cocok dihidangkan disaat lebaran telah tiba. Anda dapat membuat variasi makanan lebih banyak dengan kreasi Anda sendiri sehingga rasa serta nutrisi yang diperoleh lebih banyak. Namun jangan lupa untuk meminta saran dari dokter. Selamat mencoba!

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IBX5A4A16A0735FE