5 Langkah Pengganti Obat Flu untuk Ibu Hamil yang Sibuk

Savids – Menangani flu pada wanita yang sedang hamil berbeda dengan orang biasa. Kondisi tubuh wanita hamil lebih rentan sehingga ibu hamil mudah tertular, terutama bagi Anda yang sibuk. Ibu hamil pun tidak bisa mengonsumsi sembarang obat karena harus memperhatikan janin di dalam kandungan. Berikut merupakan 5 pengganti obat flu untuk ibu hamil.

1. Konsumsi Makanan Hangat dan Berempah

Cara alami sebagai pengganti obat flu untuk ibu hamil salah satunya dengan makan makanan seperti sup ayam. Mengonsumsi makanan berkuah yang hangat dan mengandung rempah-rempah dapat membantu meringankan hidung yang tersumbat dan menghangatkan tenggorokan yang iritasi. Selain itu, konsumsi makanan berkuah membantu proses hidrasi.

2. Perbanyak Makan Sayur dan Buah yang Bervitamin

Konsumsi makanan sehat yang mengandung gizi tinggi seperti sayuran dan buah-buahan, terutama yang mengandung banyak vitamin C untuk meningkatkan daya tahan tubuh Anda. Buah-buahan seperti jeruk, stroberi, melon, tomat, mangga dan kiwi dapat dikonsumsi langsung maupun dibuat jus. Pastikan tidak menggunakan pemanis ataupun pengawet buatan.

Apabila Anda terbiasa mengonsumsi vitamin C ketika hamil, pastikan untuk tetap mengonsumsinya secara rutin selama Anda terkena flu. Kandungan vitamin C berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar tidak mudah diserang virus flu.

Konsumsi makanan yang mengandung zat besi juga diperlukan oleh wanita hamil yang sedang flu. Zat besi dapat diperoleh dari daging sapi, yogurt, gandum, sereal dan telur. Sebelum dikonsumsi, pastikan makanan tersebut telah diolah dengan benar dan matang untuk mencegah bakteri. Jangan lupa sebelumnya konsultasikan dengan dokter kandungan Anda.

3. Pastikan Anda Beristirahat yang Cukup

Kelelahan akibat kurangnya istirahat menjadi salah satu penyebab daya tahan tubuh menurun, sehingga tubuh menjadi mudah terserang virus influenza. Cara paling mudah yaitu dengan memastikan tubuh Anda mendapatkan istirahat yang cukup dengan pola tidur yang teratur. Sesibuk apapun Anda, pastikan Anda tidur setidaknya 8 jam sehari.

Ibu hamil pun disarankan untuk tidur siang. Durasi tidur siang pun tidak perlu terlalu lama, sekitar 30 menit sampai 1 jam. Apabila terlalu lama, dikhawatirkan Anda akan mengalami kesulitan tidur di malam hari. Tidur siang ini dilakukan untuk mengembalikan energi Anda yang hilang setelah sibuk beraktivitas.

4. Perbanyak Minum Air Mineral

Metabolisme tubuh ibu hamil akan meningkat seiring dengan perubahan hormonal dan volume darah yang meningkat menyesuaikan kebutuhan janin. Hal ini menyebabkan ibu hamil berkeringat lebih banyak, sehingga lebih mudah dehidrasi. Dehidrasi pada ibu hamil harus dihindari karena dapat meningkatkan risiko penggumpalan darah dan kontraksi rahim.

Konsumsi air mineral yang cukup sangat dianjurkan bagi ibu hamil. Kurangi asupan kafein seperti kopi dan teh. Apabila Anda bosan meminum air mineral biasa, Anda bisa membuat infused water dengan menambahkan potongan buah dalam air mineral Anda.

5. Konsultasikan pada Dokter Kandungan Anda

Apabila Anda masih flu juga lebih dari tiga hari atau mengalami demam tinggi, sebaiknya konsultasikan dengan dokter kandungan Anda. Hindari mengonsumsi obat tanpa resep dokter, karena dikhawatirkan akan berbahaya untuk kondisi janin Anda.

Demikian langkah-langkah sebagai pengganti obat flu untuk ibu hamil yang sibuk. Jangan lupa untuk selalu berkonsultasi pada dokter kandungan Anda secara rutin untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. Hindari mengonsumsi obat selain yang diberikan oleh dokter kandungan Anda. Semoga bermanfaat!

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IBX5A4A16A0735FE