5 Berita Hari Ini yang Tengah Hangat dan Berkaitan dengan KPK

Savids – Sebagai lembaga pemerintahan yang punya mandat untuk menganulir segala bentuk korupsi, KPK selalu jadi sorotan. Bukan di Indonesia saja, bahkan internasional. Dalam berita hari ini, ada 5 peristiwa yang tengah hangat-hangatnya dibahas. Untuk selengkapnya, Anda bisa simak beberapa di bawah ini.

  1. Pemantauan Status Tersangka pada Cakada 27 Juni 2018

Cakada atau calon kepala daerah untuk pilkada 27 Juni mendatang diwarnai oleh beberapa peserta yang dinilai kuat sebagai tersangka. Tersangka apa lagi kalau bukan korupsi. Rata-rata para peserta yang dianggap sebagai tersangka itu punya ambisi yang lebih besar dari sebelumnya. Bahkan persentase kebenarannya di atas 90%.

Hanya saja, mantan ketua LKPP, enggan menyebutkan siapa saja yang terlibat. Pihak KPK tengah mempertimbangkan apakah akan diumumkan nama-namanya atau tidak. Kalau toh mau diumumkan, setidaknya sebelum pilkada serentak dilakukan. Pemantauan tersebut adalah bentuk kerja sama antara KPK dengan PPATK.

  1. Setya Novanto dengan Buku Hitamnya

Pria yang tersandung kasus penggelapan dana E-KTP ini memang selalu menuai cerita-cerita unik. Mulai dari dramatisasi di rumah sakit, menabrak tiang, hingga bawa buku hitam. Buku hitam ini sebetulnya pernah dia bawa ketika menjalani pemeriksaan beberapa waktu lalu. Akan tetapi, di tutup mulut begitu ditanya apa saja isinya.

Banyak yang percaya kalau isi dari buku itu adalah nama-nama anggota DPR yang akan diungkapnya. Kemudian untuk menutupinya, Maqdir, selaku pengacaranya bilang bahwa buku itu berisi catatan Setya Novanto mengenai keterangan saksi yang membelanya dalam kasus yang sama. Tapi bagaimanapun, masih banyak yang bertanya-tanya.

  1. Kunjungan Delegasi Iran ke Kantor KPK

Kunjungan delegasi dari negara Iran ke Indonesia tersebut menuai pertanyaan dari para pengamat politik. Terutama dalam berita hari ini, kunjungan delegasi Iran tersebut disinyalir untuk memperkuat ketahanan KPK dari serangan para gembong koruptor di Indonesia. Pertemuan itu sendiri diadakan secara tertutup.

Dalam berita tersebut mengatakan bahwa KPK dengan delegasi dari Iran, khususnya GIO atau General Inspection Organization, memang sudah lama menjalin kerja sama. Kedua lembaga negara tersebut selalu aktif dalam menyuarakan pertukaran pikiran tentang program pemberantasan korupsi di 2 negara yang menaunginya.

  1. Dihibahkan Aset Nazaruddin dan Fuad ke Bareskrim Polri

Baik Nazaruddin maupun Fuad Amin, beberapa waktu lalu sama-sama pernah tersandung kasus yang cukup pelik. Tentu saja terjerat kasus tentang penggelapan dana. Kenapa barang kedua mantan terpidana tersebut dihibahkan? Soalnya akan digunakan untuk mendukung pelaksanaan tugas demi penegakan hukum yang lebih baik.

Adapun barang-barangnya menurut berita hari ini terpercaya, antara lain 1 unit mobil Kijang Innova XW43 dan 2 bidang tanah di Jl. Wijaya Graha Puri. Proses hibah kedua aset milik mantan terpidana tersebut dilakukan atas putusan dari Menkeu RI. Biar bisa digunakan untuk hal-hal yang lebih berguna.

  1. Bupati Kukar yang Berniat Menulis Novel Cinta di Balik Tahanan

Dramatisasi demi dramatisasi di antara pelaku penggelapan dana memang semakin aneh saja. Mulai dari menabrak tiang hingga menulis novel cinta. Terkait dengan berita nomor ke-5 ini, nama yang dicatut adalah Rita Widyasari karena tersandung kasus gratifikasi. Jejaknya ada pada penerimaan suap sebanyak 6 miliar dari Dirut PT Sawit Golden Prima.

Kelima topik dari berita hari ini memang berbeda-beda. Bagaimanapun itu, penggelapan dana harus ditumpas dan dieksekusi dengan sebaik-baiknya. Biar tidak ada celah lagi untuk para koruptor dalam melebarkan sayapnya di kemudian hari. Sebagai salah satu lembaga yang terus mencecar para koruptor, KPK memang harus selalu berdiri dengan tegap.

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IBX5A4A16A0735FE