10 Pantangan Ibu Hamil, Resikonya Bisa Bikin Keguguran!

Savids – Masa kehamilan merupakan masa yang sangat rentan dengan berbagai resiko terutama masa kehamilan trimester pertama. Anda perlu penjagaan yang ekstra agar tidak terjadi kejadian yang tidak diinginkan. Janin yang sehat akan berpengaruh besar terhadap kehamilan. Untuk itu, Anda perlu mengetahui beberapa pantangan ibu hamil berikut ini, di antaranya.

pantangan ibu hamil

  1. Hindari Konsumsi Alkohol

Bagai Anda pecandu alkohol, sebaiknya stop kebiasaan ini. Karena alkohol memiliki kandungan yang berbahaya dan tidak baik jika dikonsumsi saat hamil. Hal ini berkaibat fatal untuk kehamilan. Efeknya nanti pada bayi Anda akan mengalami cacat, keterbelakangan mental dan berperilaku agresif.

  1. Merokok

Kecanduan rokok memang sulit dilepaskan. Kandungan nikotin pada rokok menyebabkan Anda ketagihan. Apalagi jika merokok terus menerus, kandungan nikotin ini bisa berakibat fatal terhadap kehamilan. Seperti mengalami keguguran atau mungkin bayi lahir premature dan mengidap penyakit kanker.

  1. Hindari Konsumsi Merkuri

Jika Anda gemar mengonsumsi ikan laut sebaiknya hindari terlebih dahulu. Bukan karena tidak boleh mengonsumsi ikan laut, justru ikan laut sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi karena bagus untuk kehamilan. Tetapi jika ikan laut yang dikonsumsi tercemar merkuri maka akan berbahaya untuk janin.

  1. Tidak Boleh Diet

Diet adalah kegiatan yang harus dijauhi oleh ibu hamil. Naik berat badan sedikit biasanya sudah membuat Anda galau. Padahal pada saat awal kehamilan Anda butuh banyak nutrisi untuk pembentukan janin. Jika kekurangan nutrisi akan berbahaya bagi janin. Jadi wajar saja jika berat badan terus bertambah.

  1. Olahraga

Aktivitas yang keras dan berat seperti olahraga harus dihindari sementara. Olahraga akan berbahaya untuk masa kehamilan awal Anda. Apalagi jika Anda masih melakukan olahraga seperti lari marathon, basket, bahkan angkat besi  Jika tetap Anda lakukan mengakibatkan keguguran sebaiknya hindari.

  1. Stres

Ibu hamil tidak boleh mengalami stres. Hal ini kan berdapmak buruk terhadap janin dan dapat mengakibatkan keguguran. Carilah kegiatan-kegiatan positif yang dapat mengurangi atau menghilangkan stres Anda. Seperti menonton televisi atau mungkin Anda pelu berlibur untuk melihat pemandangan yang indah. Selama itu membantu lakukan saja.

  1. Hindari Makanan Mentah

Makanan mentah yang harus dihindari di sini adalah makanan dari hewan maupun tumbuhan. Memang lebih baik makanan yang sudah matang melalui proses memasak. Kandungan mikroorganisme pada makanan mentah sangat berbahaya jika Anda mengkonsuminya. Bisa menyebabkan keguguran dan cacat pada bayi.

  1. Obat dan Zat Kimia

Jangan sekali-kali mengoonsumsi sembarangan obat karena akan mengganggu pertumbuhan bayi. Konsumsilah obat yang sudah mendapat rekomendasi dari dokter dan para ahli. Zaman sekarang banyak sekali obat-obatan dengan kandungan zat kimia berbahaya. Oleh karena itu hindari konsumsi sembarang obat karena zat kimia dalam obat bisa berbahaya untuk kehamilan.

  1. Kafein

Anda pecinta kopi atau teh? Sebaiknya kurangi dahulu atau bahkan stop dahulu konsumsi dua jenis minuman yang syarat dengan kafein ini. Dua minuman tersebut adalah contoh, sebenarnya banyak sekali minuman lain bahkan makakan yang mengandung kafein. Hal ini sangat berbahaya dan mengakibatkan gangguan pada janin Anda.

  1. Hindari Buah Tertentu

Ada beberapa buah yang wajib dihindari dan tidak dikonsumsi secara berlebihan. Akibatnya sangat fatal, bisa menyebabkan keguguran. Contohnya pare, nanas dan papaya muda. Hindari buah tersebut.

Itulah beberapa pantangan ibu hamil yang perlu untuk dihindari dan perlu diterapkan. Jadi  dengan menghindari hal-hal tersebut menjadi usaha yang baik untuk menjaga kehamilan. Tetap lakukan kegiatan yang bermanfaat dan tidak mengganggu janin Anda. Semoga proses kehamilan sampai bayi Anda terlahir normal dan sehat. Semoga bermanfaat.

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IBX5A4A16A0735FE